Pages

Tembang Apik

Energy Wayang Orang

29.7.13
   

    Wayang Orang atau Wayang Wong (Bahasa Jawa) merupakan kesenian yang menghadirkan orang sebagai pemeran dari tokoh - tokoh pewayangan.

     Seni drama tari ini mengambil cerita Ramayana & Mahabarata sebagai induk ceritanya. Pada awal mulanya sektar abad ke - 18, semua penari wayang orang adalah penari pria, tidak ada penari wanita. jadi seperti ludruk di Jawa Timur.

     
Jenis kesenian ini pada mulanya berkembang terutama di lingkungan kraton dan kalangan para priyayi (bangsawan) Jawa (R.M Soedarsono:1984,1990:4). 
Sebutan Wayang berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti bayangan.Seni pertunjukkan Wayang Wong pada masing-masing daerah memiliki gaya tersendiri, baik Surakarta maupun Yogyakarta (Winoto, 2006,: Sejarah dan Kondisi Wayang Wong Sriwedari di Surakarta).
Wayang Wong Sriwedari salah satu bentuk pertunjukan kesenian tradisional yang diperankan oleh para seniman yang sangat piawai memainkan berbagai tokoh cerita. Pengunjung akan disajikan cerita wayang berdasarkan kisah Mahabarata dan Ramayana yang mengandung pesan moral dan tertanam dalam jika masyarakat lokal. Kesenian yang termasuk langka ini dengan setting panggung yang eksotis kita akan menikmati suasana pertunjukan yang unik.


      Wayang Wong Sriwedari merupakan sebuah organisasi sosial yang terdiri dari beberapa pekerja seni yang mempunyai bekal dan keahlian berbeda-beda. Keahlian para pekerja seni wayang orang di antaranya: sutradara, penari, pengrawit, dalang, pinata cahaya, dan kru pertunjukan. Pekerja seni mempunyai tujuan bersama yakni mencapai kualitas sajian atau keberhasilan dalam mempergelarkan sebuah sajian wayang orang. Wayang Wong Sriwedari mempunyai beberapa direktur artistik. Direktur artistik Wayang Wong Sriwedari adalah sutradara, dalang atau pimpinan karawitan, serta pimpinan panggung. Sutradara bertugas memberi pengarahan kepada pekerja seni lainnya, dan memiliki tanggung jawab artistik maupun tehnik pementasan. Sutradara Wayang Wong Sriwedari lebih banyak memusatkan perhatian pada alur cerita, memilih pemain untuk berperan dalam cerita (mengatur casting), dan menuangkan garapannya kepada seluruh pendukung pementasan. Sutradara biasanya menentukan peran berdasarkan olah tari, olah vocal, maupun pengetahuan tentang sastra pewayangan, karawitan, dan gandar (Sutarno Haryono, 1998:13-14).

    Wayang Wong Sriwedari adalah sebuah kelembagaan kesenian, komersial milik Keraton Kusunanan Surakarta yang didirikan sekitar tahun 1910 untuk melengkapi fasilitas hiburan yang ada di taman Sriwedari atau Kebon raja, suatu kawasan yang berada di tengah-tengah kota Surakarta yang ditata sedemikian unik dan menarik, lengkap dengan flora dan fauna serta dilengkapi sajian hiburan klasik, film dan jenis hiburan lainnya serta rumah makan. Khusus taman Sriwedari dibangun oleh R.A.A Sasdiningrat (pepatih dalem) atas perintah Sri Susuhunan Paku Buwono X.
Pendiri pertama Wayang Wong adalah Adipati Mangku Negara I (Sultan Hamengku Buwana I) tahun 1757 – 1795 abad XVIII. Wayang Wong Sriwedari sebetulnya kesenian khas Jogja namun di kembangkan di kota Surakarta.

Jadi Wayang Orang sebagai satu kesenian unik yang dimiliki bangsa Indonesia meruapakan suatu aset berharga.


jangan berusaha mengubah identitas diri karna kita adalah bangsa yang besar

-Sesuatu yang unik itu pasti tinggi nilainya-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar